Rabu, 17 Oktober 2012

04. Keutamaan Sholat Di Masjidil Haram Dan Masjid Nabawi


REPUBLIKA.CO.ID – Yahya bin Said bertanya kepada Abu Shaleh, “Apakah engkau mendengar Abu Hurairah menuturkan keutamaan shalat di masjid Rasulullah SAW?”
Lalu dia menjawab, “Tidak, tetapi Abdullah bin Ibrahim bin Qaridh pernah bercerita kepadaku bahwa dia telah mendengar Abu Hurairah bercerita tentang sabda Rasulullah SAW, ‘Satu kali shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat, atau seperti seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali Masjidil Haram’.” (HR. Muslim: IV/125).
Diceritakan dari Ibnu Umar, bahwa Nabi SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Muslim: IV/125).
Diceritakan dari Ibnu Abbas, ada seorang perempuan mengeluh akan suatu penyakit sambil berkata, “Apabila Allah menyembuhkanku, sungguh aku akan pergi untuk menunaikan shalat di Baitul Maqdis.”
Tidak lama setelah itu, dia sembuh. Kemudian dia bersiap-siap hendak pergi. Dia mendatangi Maimunah, istri Nabi SAW, seraya mengucapkan salam kepadanya. Lalu dia menceritakan hal itu kepadanya.
Maimunah berkata, “Duduklah, dan makanlah makanan yang telah engkau buat, lalu shalatlah di Masjid Rasul SAW, sebab aku pemah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Satu kali shalat di sana lebih utama daripada seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali Masjidil Ka’bah’.” (HR. Muslim: IV/126).
Di dalam Sunan Ibnu Majah disebutkan, Abi Abdillah Al-Aghar meriwayatkan dari Abi Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Ibnu Majah: 1/450).
Diriwayatkan dari Nafi’, dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu kali shalat di masjid yang lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Ibnu Majah: 1/450).
Di dalam Sunan Ad-Darimy disebutkan, Sulaiman Al-Aghar mendengar Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini seperti seribu kali shalat di masjid yang lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Darimy: 1/330).
Dan dari Ibnu Umar dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Darimy: 1/330).
Di dalam Musnad Al-Humaidy disebutkan bahwa Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid yang lain, selain Masjidil Haram.” (Musnad Al-Humaidy: 11/420).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar