Minggu, 14 Oktober 2012

Peran Blog Dalam Islam

Keseimbangan hidup adalah keseimbangan antara 2 hal yang berbeda. Misalnya Laki-laki & perempuan, Hitam & Putih,  Siang & malam, dan yang tidak kalah pentingnya adalah keseimbangan DUNIA & AKHERAT. Bener Gak ? Blog termasuk salah satu hal yang bisa kita gunakan sebagai ladang untuk mencari DUNIA (uang), namun Blog juga dapat kita jadikan sebagai ladang  AKHERAT (amal). Kenapa bisa berkata seperti ini. Baiklah, coba kita meresapi hadist nabi, yaitu :

Hadis Riwayat Imam Muslim, daripada Abu Hurairah r.a sabda Rasulullah s.a.w; “Apabila mati anak Adam, maka terputuslah segala amalannya melainkan tiga perkara : Sedekah jariah, Ilmu yang bermanfaat dan Anak soleh yang mendoakan untuknya“.

Hadis ini sangat populer, dan insya Allah Sohih, dari hadis tersebut tertangkap makna bahwa ada tiga amalan yang apabila kita mati, maka amalan tersebut masih memberikan pahala untuk kita, yaitu :

1. Sedekah Jariyah
2. Ilmu yang bermanfaat, dan
3. Anak yang soleh

Dari amalan diatas, ILMU YANG BERMANFAAT, termasuk kedalam kelompok amalan yang akan mengalir terus menerus pahalanya meskipun kita sudah meninggal dunia. Lalu apa hubungannya dengan Blog ? Blog merupakan sebuah media, yang bisa terbaca oleh banyak orang. Bayangkan, banyak orang bisa membaca tentang apa yang kita tulis, jika kita menggunakan blog sebagai syiar, maka kemungkinan juga akan terbaca oleh banyak orang, sehingga syiar kita akan sampai kepada orang-orang. Kita mengajarkan yang baik, maka kita akan mendapatkan yang baik.

Alangkah sangat bagusnya, jika blog yang kita gunakan sebagai ladang mencari uang, bisa juga menjadi ladang amal untuk kita. Menurut teman-teman hal ini mungkin tidak ? Alangkah sangat beruntungnya kita, jika kelak ketika sudah waktunya kita mati, blog kita menjadi ladang amalan untuk kita yang bisa memberikan pahala yang mengalir kepada kita ? Hanya gara-gara dengan ijin Allah kita menuliskan sesuatu yang baik di blog kita, dan telah dibaca oleh banyak orang, sehingga yang membaca tersebut bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang kita tulis di blog kita. Yang bila dikerjakan oleh mereka akan membuat suatu kebaikan di dunia ini, dan juga menjadi amalan untuk mereka.

Dan, jika kita tidak berani menulis tentang syiar, karena ilmu yang kita punyai tidak cukup, jangan patah arang, kita bisa cari blog yang membahas tentang syiar Islam, lalu sampaikan ke blog kita dan sebaiknya berikan link kesana, sehingga dengan seperti itu, kita berharap bahwa link tersebut akan membawa teman-teman dalam syiar. Jangan takut kehilangan pengunjung blog kita yang sudah kita cari mati-matian pagi siang malam peras otak bermain SEO hehehe, insya Allah, rejeki itu datangnya dari Allah, bukan dari pengunjung Blog, mereka kan hanya perantaranya saja Hehehehe. Jadi bagaimana ? Ayo kita jadikan blog kita sebagai ladang amal, dan semoga juga bisa menjadi ladang uang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar